Monday, March 24, 2008
Mengurangi Noise di File Audio

Ini lanjutan tutorial yang kemaren, kali ini ane mo bahas tentang salah satu cara menghilangkan noise.

Noise atau gangguan di file audio itu bisa berupa suara kemeresek or dengung, apalagi noisenya ada di pas suara yang mo kita pakai dan ini memang menjadi masalah yang sering muncul. Cara menghilangkannya dengan metode coba-coba sebenere. Oya..tepatnya mengurangi dink..karena emang ga mungkin tercapai keadaan noise hilang 100% *jadi inget statistika, kalo keadaan error sama dengan nol itu ga mungkin tercapai*.

Ada banyak cara, misal dengan make hiss reduction, carane :
1.Select all ( ctrl + a)
2.Klik Effect >> noise reduction >> hiss reduction atau langsung klik H (inget shortcut bisa diubah semau kita)

Photobucket


Masih ada beberapa cara lagi, tapi yang menurutku lebih optimal adalah dengan mengcapture noise di file itu, kemudian baru dihilangkan. Ya..karena noise sering kali berbeda di setiap recording,file, bahkan tiap waktunya. Caranya:



Photobucket


1. Arsir bagian audio yang tak ada suara tapi terlihat tidak berupa garis lurus mulus *biar jelas liat gambar dibawah ini*

Photobucket


2. klik effect >>noise reduction >> noise reduction

Photobucket


3. di window noise reduction

a. klik capture profile
b. klik select entire file [ perhatikan noise reduction level *ikutin yg digambar yak* ]
c. klik ok


Photobucket



4. kadang dibagian yang seharusnya hening/tak ada suara. kita bisa menghilangkan noise(yg ini baru bener2 dihilangkan) dengan silence [klik kanan pilih silence]

oke..selesai..dan silahkan di coba2 dan dipelajari. Pelajari cara memilih capture noise yang pas.



Labels: ,

 
posted by Kian at 9:32 AM | Permalink |


2 Comments:


At August 29, 2012 at 9:56 AM, Blogger Budiono sp

mau buat video tutorial nh... tapi penglaman sebelumnya kurang bagus audio nya...
oy ijin share juga
http://www.ebsof.com/2012/08/menampilkan-data-dari-database-mysql.html

 

At April 9, 2013 at 6:55 PM, Blogger coming soon

ga optimal gan, rate bit audionya jadi berkurang, kualitas nya menurun -_-