Friday, February 8, 2008
Melihat Barongsai

Biasanya ane ga terlalu peduli dengan Libur Imlek, ya secara emang ane bukan keturunan Tionghoa ye. Juga biasane ane ga peduli dengan Barongsai, secara dari kecil ane ga pernah melihat benda ini.

Memang Barongsai ini mulai dihidupkan kembali sejak Pemerintahan GusDur (taon 1998). Padahal Barongsai di Indonesia sudah ada sejak abad ke-17. Perkembangan barongsai berhenti pada tahun 1965 setelah meletusnya Gerakan 30 S/PKI. Karena situasi politik pada waktu itu, segala macam bentuk kebudayaan Tionghoa di Indonesia dibungkam. Barongsai dimusnahkan dan tidak boleh dimainkan lagi. [bahan dari sini] Hehehe..jadi wajar saya tak mengenal Barongsai. ..*terus napa pula gw nulis ini ya..*

Ya..ya..ya...karena kemaren pas liburan ane pergi ke tempat Om gw, n sepupu gw yg masih SD pengen banget nonton Barongsai di Mall Yogya Bogor (walo masih meragukan ada ato tidak), ane search di mbah gugel eh nemu ini. Akhirnya, yang tadinya mo berleha-leha di t4 om gw...kami sekeluarga meluncur dengan 2 motor ke BTM. Wussss...sampe sana ini dia Acara ne:





menarik..tapi kurang heboh secara tempatnya kecil.

Barongsai sendiri..ahhh..saya nda tahu banyak..tapi kalo mo tahu bagaimana barongsai kalian bisa ke Barongsai, aaaahhh!!! Dragon and Lion Dance, lor...!! (Posting ke cepek!!)
 
posted by Kian at 11:50 AM | Permalink |


0 Comments: