Sunday, November 11, 2007
Menuju CPNS
Judulnya ga menarik?...gampang, klik pojok kanan atas aza. Pengen tahu lebih lanjut..yuk..mariii

menuju pns



Bulan-bulan ini penerimaan CPNS telah banyak dilakukan oleh berbagai Departemen. Sebut saja, Departemen Kehutanan yang saya ikuti. Juga Departemen Sosial, Departemen Perdagangan, LIPI, dan yang masih berlangsung Departmen Depkominfo, Bapenas, dan lain sebagainya. Ada banyak cerita dan tujuan kenapa mengikuti proses penerimaan CPNS.

Kenapa CPNS?
Ada banyak alasan. Dan saya yakin semua orang itu punya alasan masing-masing, mungkin ini salah satunya:
a. Cita-cita
Ada mungkin diantara kalian yang memang cita-citanya pengen jadi PNS, walo banyak juga yang anti PNS ...hehhe..ini masalah pilihan. Dan ini pula masalah sudat pandang melihat dan menyikapinya.

b. Masa Depan Cerah
Yup...dengan menjadi PNS, bisa dapet pensiun jadi masa tua bisa santai, tak merepotkan keluarga lainnya. Juga gaji PNS sekarang sudah standar dengan karyawan swasta juga kan (kecuali perusahaan tambang, n telko ya). Guru juga denger2 dah tinggi toh..

c. Prestise
Kalo ini tergantung hidup di lingkungan mana. Kalo lingkungannya memang dikelilingi oleh lingkungan PNS..ini bisa jadi kebanggan sendiri menjadi PNS.

d. Coba-coba
Yah kalo yang ini seh, orang yang nerimo aza....mo PNS apa ngga yang penting kerja....Tapi memang hidup itu banyak kejutan..bisa saja dgn niat coba-coba terus keterima..trus ditengah jalan ketemu kejadian yang bisa membuat menjadi niat atau semangat...who knows?..Allah bebas bertindak, bebas menggerakkan hati siapapun.

Aku yakin masih banyak alasan lain...dan aku yakin banget akan banyak juga yag anti ...heheh memandang sebelah mata pekerjaan PNS ini...tapi..kenapa (contoh) CPNS Dephut tahun ini yang butuh 555 orang yang ngedaftar sekitar 44000 orang. Ternyata favorit juga kan.



Proses
Langkah untuk menjadi PNS tentu melalui CPNS dan tes beberapa tahap, proses di tiap departmen berbeda-beda.

alat tulis


Biasanya ada beberapa tahapan:
a. tes Administrasi, bisa datang langsung (Dephut umumnya dateng langsung), daftar via internet/online (LIPI, beberapa BUMN via LPPM, Depkominfo), dan via pos (depsos, depdagri,depdag).Jika lulus maka harus verifikasi dengan mengambil no ujian tertulis langsung.
b. Tes/Ujian tertulis, Kalo pesertanya banyak (ribuan),seperti Dephut biasane dilakukan di Istora Senayan. Atau di kantor/departmen bersangkutan
c. Tes Psikotes
d. Selanjutnya bisa wawancara. Atau tes-tes lainnya (ada yg bisa share lagi)
e. Dan lain-lain

Tips
Yang namane mo kerja atau mo ngelakuin sesuatu kita harus niat. Kalo dah niat kita harus sudah siap dengan segala hal yang ada didepan atau konsekuen dengan yang akan kita hadapi.(kesanne kok bakal berat yak CPNS ki)...

Jelas berat untuk menuju CPNS (belum PNSnya). Dikarenakan pesertanya yang banyak, aku sarankan SABAR, dan TENANG.

antri
Capek ngantri


Kemaren pengalaman pas ndaftar Dephut...gile jam 8 pagi antrian dah hampir 10 meter dari pintu masuk..behhhh*psst disini kesabaran dubutuhin* untung panitia dah ngasih nomor urut, jadi bisa santai ga harus ngantri. Tips lainnya harus SMART, kalo kira masih lama atau mungkin kebagian tuk hari berikutnya..mending pulang aza, melakukan hal lain yg lebih pentng (seperti ngeblog, ato chattin..halah) dan ingat tanya juga apakah kalo nomor dah dipanggil trus kitane ga ada, di disc ato ngga?andai besok masih bisa ikut..pulang saja..uasli berada ditengah banyak orang yg ga sabar untuk masuk..bisa2 jadi ikutan emosi...hehhe

Tips penting lainnya pastikan semua berkas harus lengkap, juga siapin kelebihan berkasnya *buat aga-jaga*, juga alat tulis.

Berdoa dan berdoa...saingannya banyak bro, dan yang pinter n lebih jago dari kita itu buanyak booo...so Berdoa dan berdoa ya...Semoga diberi kemudahan olehNya

WARNING!!

Jangan pernah berpikir tuk lewat jalan pintas aka Nyogok orang dalem or panitia. Karena panitia sudah menegaskan tidak ada pemungutan biaya disini. *ahh itu seh kurang matep ya warningnya*

stop


Gini deh....lu lu pada sadarkan kalo KORUPSI itu terlarang...makanya jangan membuka kesempatan untuk korupsi dengan menyogok...Inget deh Awal dah ga baik kesananya bakal ga baek deh... nyogok pun ga liat besar kecil...elu nyogok 20rb ke satpam gar bisa ngantri di nomor kecil pun itu dah korupsi.awal yang ga bae deh...lu dah merugikan dan membohongi kami semua yang datang lebih awal n dapet nomor antrian besar...hah...tega nian...*loh kok curhat...psst...ini nyata bo..siall gw pikir sudah bersih prosesnya..dasar masih ada aza oknum2nya*. Sudahlah....sabar wae...yang baik tetep baik, yang salah tetep salah, gw ga butuh penjelasan lu, penjilat!!....loh kok masih curhat...halah

Penutup

Semoga berhasil buat aku, kamu dan kalian semua yang ikut tes. Semoga kita diberi jalan yang terbaik disini. Apapun hasilnya nanti keputusan Allah itu adalah adil.





Labels:

 
posted by Kian at 8:26 AM | Permalink |


8 Comments:


At November 11, 2007 at 12:17 PM, Anonymous didut

saya gak pengen jadi PNS tp pengen jalan-jalan ke luar ajah, hmm..jadi deplu kali ye

 

At November 11, 2007 at 10:01 PM, Anonymous Fany

Dulu sempet pengen jd PNS, krn 'terjamin' itu. Tapi setelah dipelajarin dan tanya sana sini (kebetulan ayah dan bbrp sodaraku PNS), ternyata kalo pengen terjamin secara halal bukan jd PNS.
Meskipun gajinya katanya dah setara sm swasta, tapi tetep deh gak banyak, kalo sampe ada PNS bisa kaya dari hasil PNS-nya doank, itu ya karena... you know lah..
Waktu ayahku blm wiraswasta (hanya ngandelin PNS bersih doank), duh rumah aja cuma sepetak sempitt.

Seorang temenku yg idealis, awalnya jg anti korupsi. Tapi pas dah masuk, itu bener2 kayak lingkaran setan. Dia gak ikutan korupsi secara sengaja, tapi pasti suka diamplopin sana-sini.
Salah banget kalo cuma pengen terjamin dr PNS (kecuali BI). Karena itu artinya pengen nerima duit gak halal.

Ada seorang blogger PNS, dulu pernah nulis kalo sisi idealisnya itu musnah jd setelah masuk ke lingkaran itu. Kayaknya msh ada link tulisannya, kl mo tau japri aja.

Ya moga2 aja kalo Kian (dan temen2 blogger lain) jd PNS beneran bisa mematahkan anggapan (dan kenyataan) yang seperti itu..
:)

Duh panjang banget...
No hurt feeling ya buat yg PNS, itu opiniku berdasarkan apa yg aku dengar dan lihat sendiri SAJA. :)

 

At November 11, 2007 at 10:15 PM, Anonymous Fany

Oh iya, tambahan..
maksudku di atas, kalo pengen jadi PNS jangan hanya karena ingin terjamin secara materi saja.
Tapi cobalah jadi PNS karena ingin mengabdi kepada negara. Dengan begitu di saat sedang menjalani sesuatu yg 'salah', kita punya hati nurani untuk bilang TIDAK dengan resiko apapun (diberhentikan, dimutasi, dll).
Seandainya saja semua PNS udah punya keberanian untuk bilang TIDAK, pastinya gak bakalan banyak korupsi/kolusi. Krn kadang2 korupsi/kolusi itu dilakukan secara 'terpaksa', krn gak mau dipecat so ngikut aja, oke2 aja.. dll.

duh panjang bangedd, kaya ngeblog sendiri...
habid gue kesel banget sih sama pandangan2 salah gitu.. ^_^

 

At November 12, 2007 at 8:22 AM, Blogger Kian

Nah gini neh..yang ane harapin dari postingan ini..

ada yg curhat model fany...kan ngasih pandangan bagus tuh,....

hmm...
Insyaallah niatku seh tulus tuk abdi n ngamalin ilmu yang ane dapet..
*dari dulu emang ga pernah tergoda ma gaji gede...hehe mending hati nyaman gaji kecil daripada gaji gede tapi tercaci maki*

kalo ga ada PNS terus yang njalanin negara ini sapa...

ya..mungkin harus ambil konsekuensi harus berani pecat kalo dah masuk lingkaran setan itu yak...

*sekkk aku baca petunjuk pemberhentian PNS*

 

At November 13, 2007 at 1:52 AM, Blogger KHOLIX

huah..mules jadinya baca koment ini..!!!
lah gimana mo di pecat lah wong yang mecat itu sudah ketahuan klo korupsi..!!! jadi mutualisme berjalan ah enaknya klo gitu...!!!
skip..."mencoba lupakan nama yng terdaftar di SK"

 

At November 14, 2007 at 8:02 AM, Blogger Kian

mutualisme?...
ahhh..kopril dirimu masih pamrih...
lagian kan bisa mengundurkan diri aza..ya to..walo proses panjang..tapi..banyak juga temen ku yg disana dan aman nyaman...tergantung bagiannya kali ya...

 

At November 20, 2007 at 5:01 PM, Anonymous escoret

selamat berjuang kie....!!!

aku 100% ga punya jiwa PNS...!!!

 

At November 24, 2007 at 11:23 AM, Anonymous ika

kebetulan temen2 sepabrik pada ikutan semua,hanya aku yang ga ikutan krn ijasah hanya d3, udah kalah duluan,hehehe,,,sukses ya mbak moga2 berhasil diterima dan jadi abdi masyarakat yang baik dan tidak korup :D