Sunday, October 7, 2007
Terkenang Masa Lalu (Semarang)



Entah mengapa, di ramadlan kali ini banyak mengingatkan ane pada masa-masa lalu saat berada di Semarang, magelang, yogya, bahkan saat di Kolaka Sulawesi.

Semarang
Setiap ane lewat jalan Surya kencana dan Pasar anyar Bogor, yang bersuasana adem, banyak pohon rimbun, rumah-rumah peninggalan zaman Belanda..tiba-tiba teringat masa-masa kecilku saat liburan atau mudik ke Semarang.

Dulu saat TK-atau kelas 1 SD, tiap libur panjang ane selalu liburan ke Semarang (Mbahti (mbah putri) masih tinggal di Banowati Semarang) dan hal yang paling ane seneng adalah ikut Mbahti ke Pasar Johar. Mbahti berjualan sembako disana( krupuk dan kacang) yang lokasinya di Lantai dasar bagian tengah Pasar Johar. Kalo kalian pernah ke pasar Johar, disana pasti akan merasa beda dengan pasar-pasar tempat lain. Pasar Johar itu berarsitetur bangunan Belanda, yang identik dengan atapnya yang tinggi menjulang. Dengan atap yang tinggi ini menimbulkan suasana yang luas dan segar karena sirkulasi udara lancar, juga penuh cahaya.

Padahal yang namane pasar itu identik dengan keramaian. Tapi entah kenapa di Pasar Johar ini ramai tapi ngga kacau(ga tau deh kalo sekarang). Saat TK itu ane paling seneng maen di kios Mbahti terus naek ke atap kiosnya, ato diatas gudang..terus memandang seluruh lantai di Pasar Johar, juga bisa terlihat aktivitas di lantai 2, terus..ketiduran disana..mpe sore, pas mo pulang biasane Mbahti suka bingung ane ada dimana...heheh ternyata ketiduran di atap gudang kios mbahti.

Dan saat di Semarang ini pun ane jadi ”trauma” untuk bisa ngomong bahasa Jawa. Dulu kalo maen ma temen-temen ane di Banowati Semarang, sering pake bahasa Jawa tapi selalu diketawain..atau mereka bales pake bahasa Indonesia gitu deh...Ahhh kan jadi malu n males tuk bisa ngomong Jawa. Ane pikir ”ah ngomong bahasa Jawa diketawain , mending Indonesia toh mereka tetep bisa asyik maen ma ane”...dan Dampaknya sampe sekarang..ane ga bisa ngomong Jawa..kalo dengerin seh ngerti.

Di ramadlan kali ini pun ada yg mengingatkan ku pas kuliah di ramdlan di Yogya, uga teringat saat ane kecil (umur 3 thn) yang sering terjadi hal2 ajaib...heheh mo ketabrak keret api lah, mata kelilipan abotil, juga usia 3 thn minta sekolah di SD deket rumah...heheh cerita dilanjut kapan-kapan ya...


foto2 dari : kaskus, sini

Labels:

 
posted by Kian at 3:28 PM | Permalink |


2 Comments:


At October 9, 2007 at 9:08 PM, Blogger Puput

pernah jualan di johar?

 

At October 22, 2007 at 3:17 PM, Anonymous traju

foto masa kecilnya imut ko gedenya amat??
Untuk setiap bug yang hadir dalam setiap kompilasi,untuk setiap khilaf tanpa breakpoint,mari kita tangkap eksepsi kesalahan kita dengan saling memaafkan, minal aidzin walfaidzin...SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1428 H