Tuesday, July 10, 2007
Penganan dari Bogor
Jalan-jalan di Kota Bogor (hehehh jalan-jalan di kota sendiri) ga lengkap kalo ga beli oleh-oleh ini. Ada Roti Unyil, Cincau, dan Asinan Bogor.

Roti Unyil

Yang terkenal adalah Roti unyil Venus. Letaknya sekarang ada di samping Mall Ekalokasari, Sukasari. Jam bukanya aq kurang tahu perkiraanku seh jam 9 dah buka, tutupnya lumayan malem (jam 9 malem, tempat yang laen jam 5 dah tutup) tapi persediaannya terbatas. Jenis dari roti unyil ini macem-macem, ada isi sosis, isi sosis keju, coklat, pisang keju, kelapa, daging ayam, abon, ada juga yang dilumuri jagung plus susu. Roti unyil Venus ini rasanya lembut dan enak..manisnya pas..rasa susunya pas. Oia hargane perbuah Rp 900,- perak..hmm lumayan pas lah.



Asinan Bogor

Kalo asinan Bogor yang terkenal adalah Asinan Gedung dalem, ada 2 macam asinan yakni Asinan buah dan asinan sayur. Jangan kira asinan itu rasanya asin…hehehh ngga..tapi pedes-pedes kecut..hmm mirip kuah pempek tapi pedes dan seger dan ga pake kecap. Asinan gedung dalem ini bisa dibeli di daerah Sukasari. Harganya lumayan 1 bungkus Rp 10.000 (penyajian bisa dicampur kuah ato kalo buat perjalanan jauh bisa dipisah). Tapi jangan salah Asinan Bogor di tempat lain juga ga kalah enak dan hargane bisa lebih murah Rp 5000 (heheh ada di Pasar anyar). Oia..kalo asinan sayur itu terdiri dari toge, kol, tahu, sawi, tahu dan yang khas bogor adalah daun kucai (rasanya kayak kedondong). Kalo Asinan buah ada papaya, nanas, bengkoang(ini khas bogor juga), dan ubi jalar.

Cincau

Ada lagi yang khas Bogor…hmmm ini minuman untuk obat dan seger. Cincau..terbuat dari daun cincau. Bisa nyembuhin panas dalem (begitu tertulis di plangnya). Minumannya terdiri dari Cincau, air gula, plus santan, dan es serut. Tapi kalo aq doyannya Cincau plus air gula aza. Rasanya tetep adem…ga heran bisa nyembuhin sakit panas dalem. Dijual pergelas (kala ga salah inget 1 gelas Rp 2000), ada juga dijual per kantong/plastik hargane Rp 4000. Kalo yang diplastik bisa buat 4-6 orang tapi ga pake santen dan es.
 
posted by Kian at 1:09 PM | Permalink |


10 Comments:


At July 11, 2007 at 6:01 PM, Blogger Adi

hmm...laper :P

 

At July 13, 2007 at 4:00 AM, Anonymous H4rs W4r10r

kiannnnn...
tolong kirim roti unyil plus asinan masing2 10 bungkus ke semarang!!
gak pake lama!!! :d

 

At July 19, 2007 at 8:39 PM, Anonymous Fany

jangan cerita aja, ayo bawa kalo ke semarang...
eh aku makaroni panggang aja deh :P

 

At July 20, 2007 at 7:07 AM, Anonymous bebek

roti unyil venus?? wakakakaka... jadi inget si mbok venus aku....

 

At July 25, 2007 at 3:53 PM, Anonymous escoret

oke....bawa aja ke semarang.
setuuju..!!!!

 

At July 25, 2007 at 11:14 PM, Anonymous Nev

apapun itu ke semarang harus km bawa :D

 

At July 31, 2007 at 9:29 AM, Blogger dunia 'Ndut'

Mba Kian, bedanya roti unyil yang di Bogor ama di Semarang apa ya ?

Pasti lebih enak yang di Bogor ya ?
Soalnya dibawain ma Mba Kian.

GRETONG LAGI !!!
huehe..he..he..he

 

At August 1, 2007 at 9:26 PM, Anonymous Dhana

wah dah sering denger neehh roti unyil , mulai dari acara maknyus , berita di koran ampe blog , yg belum pernah....
MAKAN ROTI UNYILNYA

 

At August 2, 2007 at 8:20 AM, Blogger Kian

sabar ya...insyallah kalo ke Semarang ane bawain Roti unyil deh ...
@1500....
hehheeh gretong kok..gretong

 

At August 10, 2007 at 4:46 PM, Anonymous annots

jangan lupa habis dari semarang ke area candi prambanan juga, tak tunggu disana bawa roti unyil sekalian nitip "es pocong" dari depok ya, mumpung dapet yang gretong-gretong.
nitip apa lagi yah?