Monday, June 18, 2007
Bedanya Lulus SMA Hari Gini
Lagi musim kelulusan neh, mule dari SD, SMP, dan SMA...yang agak fenomenal adalah kelulusan SMA. Yup...lulus SMA itu merupakan awal kita akan berprofesi sebagai apa. Jadi penentuan setelah lulus SMA bisa dibilang ujung atau awal mula perjalanan hidup kita. Itu buat yang lulus.

8 tahun yang lalu (masa-masa penulis lulus tuh..beehhh..dah luama ya). lulus itu hal yang biasa, dijamin lulus deh...kalo punya masalah parah baru bisa deg-degan(red:deg-degan lulus pa kagak)...Saat itu yang mendebarkan adalah..berapa NEM kita...dan yang paling mendebarkan lagi adalah pas pengumuman penerimaan Mahasiswa.

Lah sekarang semua deg-degan saat berita kelulusan..gileee dah...tahun lalu di Yogya pernah ada sekolah yang 100% tidak lulus...saat ini..ada peningkatan yang lulus...tapi penulis ga tahu berapa, dan penulis ga akan menjelaskan angka2 itu...


Cuma mo mbandingin dan melihat...kalo dulu mo lulus gampang dan hasilnya...hmmm ini seh masih PR ya...sekarang mo lulus aza susah...hasilnya..masih tanda tanya juga...Semoga lebih bae..


Kalo ada sekolah yang 50% lebih muridnya ga lulus..apa itu berarti muridnya bodoh, atau gurunya yang bodoh, atau sekolahnya, ato malah Sang Pemerintah....lucuuuuu...ada lebih dari 3 mata pelajaran yang dipelajari..kok ..cuma 3 mata pelajaran yang menentukan hidup para anak SMA ini ya...hanya 3 mata pelajaran ini dan hanya ditentukan oleh 1 hari itu aza...heheh adil ga ya...sepertinya masih ada yang salah ..ntah ada dimana..bisa juga kita berperan untuk itu...Mensugesti ujian 3 bidang itu susahhh...kalo kita sudah berpikir susah dan akan sulit dikerjakan...hmm nantinya pasti akan sulit...karena di setiap persangkaan itu ada doa...


Nah untuk anak SMA yang mo naek kelas 3 ada baeknya menenangkan hati....dan menyenangkan hati..bahwa The Big Game named "kehidupan" akan segera dimulai di satu tahun mendatang...dan mari persiapkan dari dini hari...berlatih-dan berlatih..it's fun u know!!!..


Buat yang dah lulus SMA..selamat ya...saat ini kalian akan memulai kehidupan dan ada juga yang akan berkuliah dan mulai di Game baru...mantapkan hatimu...tentukan arah mo kemana...


Buat yang belum lulus SMA..santai aza masih ada Ujian ulang (ato apa namanya) dan tahun depan... yakin kalian pasti akan menjadi orang yang terbaik pada saatnya. Enjoy your day...biarkan yang laen mencaci..kita lihat saja nanti...pada saat bekerja ..ada dimana kita(kita bisa saja ada diatas mereka yang mencaci itu)...ya gaaa...so enjoy it..semua ada hikmahnya dan seperti dalam novel tere liye Semua keputusan Allah itu 100% adil.

 
posted by Kian at 2:47 PM | Permalink |


7 Comments:


At June 18, 2007 at 5:50 PM, Blogger KHOLIX

hahah lumayan seru postingannya nih...dikit koment ah..
bukan murid dan bukan sekolah yang salah dan kurang baik dalam hal ini dan tuk tahun ini..tapi karena sebuah kebijakan dari pimpinan tertinggi dari sebuah lembaga yang mengatur pendidikan di negara ini yang kurang afdol..karena sekarang sangat menekan dunia belajar dan tak pernah memikirkan celah2 yang ada yang bisa dibuat mainan oleh oknum2 tertentu..itu fakta yang ada di semua kota negara ini...
heheh segitu aja yah ...
eh omong2 photonya keren ik, sayang shotnya dari jauh dan terhalang tiang dan motor itu...

 

At June 18, 2007 at 10:37 PM, Anonymous dhana

wah bener tuh , gak sesuai tuh kalo nentuin kelulusan kayak gitu caranya , kayaknya dah saatnya deh anak sma pake sistem sks . khan lebih tepat aja , anak gak lulus ya gak ngulang smua mata pelajaran , n gak usah nunggu 1 tahun

 

At June 19, 2007 at 8:19 AM, Blogger Kian

2 kholix:ya...mungkin si lembaga itu bekerja tidak dengan hati dan pikiran jernih....asal ada kegiatan di tahun iniii....juga ada duit ngalirr...halahhh..uud dah..ujung-ujungnya duit ya...heheh ...semoga lembaga ini akan segera menemukan sistem yang tepat dalam waktu yang cepat...fotone itu dapet dari temenku.dan temenku dapet dari temennya...

2 dhana:..idemu boleh juga tuh..jadi SMA dimodel SKS gitu...

 

At June 19, 2007 at 3:26 PM, Anonymous boku_baka_desu

eh itu fotonya dimana Kian>
kok kayak di luar negri?
dulu kamu SMA di luar negeri ya?

di Namibia?

 

At June 19, 2007 at 11:41 PM, Anonymous nabila

wah,,nabil ngerasa dinasehatin neh.secara udah naik kelas 3 gituu...
mo lulus susah,,tapi sekarang kebanyakan pake cara ga jujur biar lulus. klo udah gitu menurutku kelulusannya itu jadi ga berharga...
kata mas kholix,,itu salahnya lembaga tertinggi disini.aq setuju,,krn gara2 sistim UN semua pihak jadi berusaha dg segala cara biar siswa lulus.klo udah gitu,,dimana yg namanya pendidikan?
bwt mas dhana,,klo ga salah pnah ada sekolah yg menerapkan sistim SKS.bwt percobaan gitu,,tapi karena yg lain ga pake sistim itu dan sekolah yg pake sistim SKS itu harus ikut UN,,,akibatnya sekolahnya jd kecepeten 6 bln,, nganggur 6 bulan bwt nungguin UN.

bwt mbak Kian,,udah baca novelnya tere-liye yg judulnya HAFALAN SOLAT DELISA belum?
nangis2 lho bacanya..

 

At June 20, 2007 at 7:55 AM, Blogger Kian

heheh..sebagai orang bawah..sebaiknya seh kita..njalani aza..dgn belajar dan belajar..btw..belajar itu asyik kan...heheh..cari sumber belajar dari mana aza..
iya seh yg salah lembaga itu...heheh..dan juga emang akhlak para oknum2 itu memang harus diuji juga..
bukune tere liye yg itu belum baca. besok cari deh

 

At June 27, 2007 at 5:39 PM, Anonymous shige

untungnya di tempat kerja saya gk mati listrik, kalo ya bakalan bengong seharian ..... ^^


salam kenal mbak .. ^^