Monday, May 14, 2007
Mudik Dadakan

Minggu ini Alhamdulillah adeku cuti selama 2 minggu untuk wisuda, dan berhubung dia langsung ke Klaten..dan berkas2nya ada di bogor…aku harus mengirim berkas plus laptopnya kesana..yo wiss lah..aku pulanggggg!!!!...pas emang lagi kangen banget….

Oke mo tahu perjalanan mudik dadakan gw yang Cuma dua hari kemaren berikut liputannya.

Pra Berangkat

Rencana berangkat ke Klaten hari jumat jam 20.25 naek Kereta Senja Utama Solo dari Pasar Senen. Nah biasanya kerjaan di kantor datengnya pasti sore, menjelang pulang. Tapi alhamdulillah pas jam 5 kerjaanku dah kelar. Dan jumat tanggal 11 Mei itu, Adz Dzikra(komunitas muslim kantorku) ngadain pengajian rutin atau bisa kita sebut SIROH (Sirama ROhani) dan sebenere aq termasuk salah satu panitianya (walo bagian administrasi). Tapi karena harus pulang yo wis lah aku mengalah..ikut sampe sholat magrib aza. Secara acara SIROH kali ini diisi oleh Ust. Sukeri Abdillah (makasih Teh Kosi atas infonya) materi Menjadi Ahli Manfaat (sayang aku nda bisa mendengarkan siramannya…hikss…)

*suasana SIROH V di kantorkuh*

dan juga ada acara makan nasi kebuli (makan bareng-bareng dalam 1 tempat).

Keberangkatan

Jam 18.30 aq berangkat dari kantor menuju pasar senen dengan bus P20..pssst…baru kali ini aku naik P20 sampai Pasar Senen loh…behhh…tasnya berat banget bo..untunglah Allah masih mencintai diriku…sampe Pasar Senen Cuma setengah jam..bisa liat tempat2 yang aku cari selama ini (red: Dep keu dan Depag….ada Bank Syariah Mandiri disana..)Sampe Stasiun Senen (yang pas ada di depan terminal Pasar Senen) jam 19.00…hmmm lumayan lama nunggu keretanye…kupikir bakalan sepi karena bukan libur panjang..ternyata lumayan rame loh…hmmm sambil nunggu aku ngapain ya…hmmm oiya..baca buku pinjeman dari temen tentang akidah (top..bagus…sarat informasi dan pengetahuan) lain postingan aku buat resensinya …InsyaAllah.

Perjalanan

Perjalanan di kereta aku ga mo certain ah..isine standar…tidur..tidur dan tidur..dan berharap segera ketemu tukang pijet tuk mijet badan gw yang pegel2 karena susah cari posisi enak buat tidur. Oiya..ada tips buat perjalanan kereta bisnis or ekonomi jarak jauh neh.

Tips barang bawaan perjalanan jarak jauh dengan kereta:
1. Tiket kereta (wajib)
2. Bawa Barang seperlunya aza (2 tas : 1 tas gendong dan 1 tas kecil buat aer minum dan makanan ringan)
3. Air minum 1 botol,
4. tissue basah , buat cuci muka besok paginya
5. makanan, secukupnya aza
6. Koyo cabe, gar pegelnya ga terlalu menyiksa
7. siapin duit Rp3000 buat nyewa bantal
8. kalo punya sleeping bag..bawa aza..uasli tidur dibawah lebih nyaman dibanding tidur dengan posisi duduk.
9. Koran buat alas sleeping bag gar ga kotor…

Tiba di Yogya

Rencananya mo turun di Klaten, tapi karena adeku (yang njemput neh) ada di Yogya.Akhirnya turun di yogya aza.dan kebayang hmmm sarapan Soto Tugu yang murah dan enak itu…hmmm…yummy…

Karena misunderstanding ma adeku yang menunggu di pintu keluar selatan, padahal aq keluar pas di pintu keluar bagian tiketing itu…(heheh ga sabar mo makan Soto neh) akhirnya janji bertemu langsung di Soto tugu…sepanjang jalan keluar…wuah..tukang ojek, tukang bejak, andong, taksi, semua menawarkan diri untuk nganter mpe rumah…risih seh..tapi cara nawarinnya itu halus..jadinya seneng2 aza..dan senyum..dan senam kepala (geleng-geleng terus maksude..)…beda banget ma di Jakarta..nawarinnya plus maksa…serasa ada preman yg mo malak....(itu kejadian tadi pagi pas nyampe di Jakarta)

Soto Tugu

Gw suka banget neh pemandangan dari Stasiun Tugu neh. Dari depan kita bisa liat kearah utara ada jalan Mangkubumi yang berujung Tugu Yogya, ke selatan ada Malioboro, yang saat itu (jam 6.30 dab!!) masih lengang, dan depan Statsiun hmm…bangunan kuno yang diubah jadi tempat bisnis (ada Popeye ada ..apa lagi ya..ga merhatiin) karena mata gw fokusnya Cuma ke SOTO TUGU…

behhh..dah lama gw g makan disini…dulu sering banget. Coba bayangin, dulu gw kos di Seturan..tapi minggu pagi sering ke Soto Tugu buat sarapan, atau beli nasi uduk di alun-alun selatan, bareng ma anak2 kos pastinya. Begitulah gw..kalo ada makanan enak..sejauh apapun itu…huntiiiingggg (jadi inget dulu ada angkringan murah nan uenakkkk sayang ada di perbatasan yogya-magelang...hehhe...jauh benerrrr!!!)…

*Makan di Soto Ayam Pak Gareng (red :Soto Tugu)*

Oiya..balik maning nang Soto tugu..sebenere soto tugu ini namane Soto Ayam Pak Gareng..tapi lebih terkenal dengan Soto Tugu karena tempatnya ada di depan pas Stasiun Tugu, jam buka dari jam 5.00 sampe abis (biasane jam 10 dah abis). Yang buat khas itu karena posisinya di pertigaan dan lesehan, sebenere terkesan berdebu..tapi karena mereka berjualan pagi jadi kendaraan yang lewat itu masih dikit..hmmm udara seger bisa mandang maliobor lagi. Juga ada gemblung (singkong yang diulek kasar trus digoreng gurih) dan sate rempelo ati (Soto model ini ada dibeberapa tempat laennya she missal di daerah Sagan).

Pasar Taman Pintar (dulu namane Pasar Shopping)

Jam 7.30 dah kelar makan soto, gw ga langsung ke Klaten, karena Mama nitip dibeliin baju bayi buat sodaraku yang baru aza melahirkan anaknya 3 bulan lalu. Pas banget..karena gw ada di daerah Malioboro deket ma Toko Wijaya (tempat jual perlengkapan bayi yang murah meriah di Yogya)…tapi kan belum buka jam segitu.

Yo wis..jalan-jalan dulu,

Malioboro…masih lengang, belum ada yg jualan souvenir.

Pasar Bering Harjo belum buka,

Benteng masih keren aza,

eee…ada tempat menarik neh..Taman Pintar..pasti banyak buku kali ya…dan ini jelas belum buka (ups ternyata bukan..kata adeku..isine kayak TK Cuma permainan didalemnya lebih mengarah ke pendidikan) ooo..tapi keren loh Taman Pintar…bagus..(sayang gw ga berhasil moto)..

akhirnya ke toko wijaya..ups sama sekali ga ada kehidupan, masih tertutup rapat.

Jalan beberapa meter…wuahhhh ini neh yang gw suka dari Yogya Kota Eksotis, Seni, Plus Teknologi…Sepanjang tembok di BeringHarjo itu full Karya seni (Grafiti…atao apa itu namane) keren boooo…..

gw berputar balik karena pengen moto Taman Pintar..dan tetep ga berhasil…eeehhh..mampirlah ke Pasar Buku…baru tahu gw ada pasar buku di sini..setahu gw dulu ada Shopping t4 jual buku murah..tapi sekarang dah pindah kesini kali ya…heheh ada beberapa yang dah buka…

*ini Pasar buku di belakang Taman Pintar Yogya*

asyiiikkk gw akhirnya huntinggg bukuuuuuuuuuu…..

karena lupa belum ambil duit..gw berhasil beli satu buku yang dah lama gw incer dengan harga murahhh…judul Khadijah The True Love Story of Muhammad karya Abdul Mun'im Muhammad terbitan Pena, harga awal 69rb didiskon jadi 46rb…hebat bener..disampul plastic pula…wuehhh lebih murah dari Toga Mas booo.. apalagi kalo dibanding ma Gramed...

hehehe..sory...isi dan kualitas sama tapi harga beda...ya milih yang murah dunk...btw ini bukan buku bajakan..tapi ntah kenapa bisa murah ya...denger2 seh katane mereka ga kena pajak2an gitu deh..so diskonnya dapet langsung dari penerbit dan ga dikurangin ma pajak...heheh harga buku disini juga diskonnya emang disesuain ama penerbitnya.

Setelah hunting buku..kita ke Wijaya (gw ga cerita ah,,…standar neh). Langsung ke kosan adeku n cabutt ke Klaten..yang pasti perjalanannya…asyik deh..pemandangannya seger, adem, oldiest + futuristic ketemu deh di Yogya sekarang.

Sampe Klaten, nyokap langsung ngajak jalan ke Banyu Mili (setelah buat mandi n tarik napas doang neh), tempat renang plus Pemancingan (apa mancing orang2 yang renang yak..halah)

Banyu Mili

Hiks..dah cape cerita neh …ini aku ngetik dari kantor, baru nyampe tadi pagi n langsung kerja,…jadi ngantuk tapi ga isa tidur..makane aku kasih foto2nya aza ya. Oia sekedar info, tempatnya ada di Ponggok, Klaten (deket ma janti). Masuk bayar 4rb rupiah dah bisa renang n hangout di pondok2nya(uasli enak bener neh tempat..gw langsung tidur disini..) ..boleh bawa makanan dari rumah..tapi bisa pesen ikan baker ma mereka (lumayan enak loh).

Labels: ,

posted by Kian at 7:24 AM | Permalink |

4 Comments:

At May 14, 2007 at 2:13 PM, Anonymous H4rs W4r10r

Pertamaxxx
yes meh mecahke rekor pertamaxxx

loh kian kok gak mampir semarang piye to???

At May 14, 2007 at 8:33 PM, Anonymous Fany

wah capek tapi seru yak..
lha terus jadi gak ke semarangnya minggu2 dpn?

At May 15, 2007 at 4:04 AM, Blogger ::: Achmad :::

lho !!!
tak dereki mulih semarang...

At May 15, 2007 at 8:08 AM, Blogger Kian

maaf sodara sekalian...
tadinya minggu mo ke semarang n berangkata dari sana. tapi karena adeku beli tiketnya jogja jakarta...heheh...
lain waktu aq ke semarang lagi ya...

pas kopdar terakbar deh...btw kapan tuh ya?