Wednesday, May 30, 2007
Membunuh perlahan
Ini adalah curahan hatiku di hari ini dan mungkin dihari-hari terdahulu. Kesal terhadap asap rokok, jelas lagi subjeknya adalah Perokok yang ga tahu aturan merokok. Merokok ko di tempat rame di dalam kereta..ga Cuma satu, tapi dua, eh tiga, empat…gubrakkk banyak banget..mo keluar..eits kereta udah jalan..berharap aku bisa telepati atau tenaga dalam..itu orang2 yg ngerokok didalam kereta aku bletakkk…bletaakkk…*sabar ki…sabar*


Jadilah setengah perjalanan kereta aku isi dengan merenung, kenapa she ada yang merokok…*ini Cuma pendapatku*..huhhhh….tapi aku juga mikir kenapa merokok itu makruh bukan haram. Berarti memang tetap ada hikmah, walo banyak ngganya*menurutku* terutama jika tidak pada tempatnya.

Jika diantara kalian ada yg merokok pliss,..kasih alasan biar gw ga nggremeng dalam hati..ato bahkan benci..kenapa merokok…

Gw Cuma dapet satu hal untuk yang merokok..egois…ya egois…*ini khusus ditujukan yang merokok didepan orang yang ga merokok*…mereka (red:perokok) menikmati*ini kata yg relative* rokoknya..mereka merasa senang sendiri, sedang yang laen, yang ada disekitarnya dan tidak merokok…ada yg langsung pusing lah, ada yang batuk2,ada yang 5 jam kemudian bengeknya kambuh..ada yang Cuma ngibas2 asap karena ga enak aromanya…jangka panjangnya..bisa jadi para pasif perokok ini kena gangguan paru2, pernapasan. …kalian yang merokok tidak pada tempatnya…kalian telah membunuh kami secara perlahan *juga diri anda sendiri*…halus tapi tetap menyakitkan….membunuh hari-hari kami *juga diri anda sendiri*dengan baju yg bau asap rokok..mood kerja jadi berkurang….*tapi untung parfum temen ada n bisa diminta*…

Kalo ada yang merokok karena merasa hebat..oke aku terima alasan itu..karena gw nyium asepnya aza dah ga kuat…
tapi dibalik itu..bukannya aku yang lebih hebat..bisa menahan diri untuk tidak mendzalimi orang lain…perjelas..bisa menahan diri…sedang kalian tidak…kalian merasa hebat dan nikmat…dan kalian tidak bisa menahan diri untuk tidak mendzalimi diri kalian sendiri dan kami..para pasifer…..ya kalian lemah , kalah dengan hawa nafsu kalian…*aduhh kok bawa hawa nafsu ya…padahal jg gw masih suka lemah* setidaknya kami *para pasifer* hebat karena tidak mendzalimi diri sendiri dan orang lain.

Ahhh…maaf jika ada yang tersinggung…kalo kalian ingin tetap merokok dengan alasan masing-masing…silahkan ..tidak apa-apa..tapi ya..semuanya untuk kalian..asapnya itu kalian hirup sendiri..jangan kasih kekami…kami cinta dengan udara yang bersih..
maaf ..Merokoklah dengan sesame perokok…jangan karena tidak ada tulisan larangan merokok maka kalian merokok disana..tapi ingat…bahwa asap rokok itu membunuh kami perlahan*juga diri anda sendiri*…

Saran neh buat pemerintah, jangan buat tempat khusus perokok (ekslusif banget ya para perokok ini) mbok ..plangnya diganti jangan Silahkan merokok disini…tapi Hati-hati ini wilayah merokok, like this..

atau Awas daerah merokok…


jadi kami para pecinta udara bersih tidak akan ke tempat itu. Dan terkesan merokok itu kurang baik…dan kenyataan demikian kan…

Read more!  
posted by Kian at 4:16 PM | Permalink | 5 comments
Tuesday, May 29, 2007
Equation di Blogspot(help me!!)
Assalamu'alaikum, wahai sodara ku sekalian. Selamat Pagi!!!

Di minggu kemaren ada yang nanya *temen yg kerja di BI* tentang Statistika, yakni tentang Regresi Ganda dan korelasi....weksss...dah hampir 2 tahun aq ga megang Statistika..tp alhamdulillah, Allah masih memberikan ilmunya di kepalaku...

Aku jawab sebisa ku dan sesuai logika dan ilmu statistika....heheh mule dari kriteria/asumsi yang harus dipenuhi Regresi Ganda yang akhirnya ditemukan jawabannya yaiktu adanya Autokorelasi. Karena variabel/data ga isa di gabung (hal yang berbeda namun secara nilai berhubungan *korelasi semu*) makane aku akhirnya ngasih solusi jangan maksa dibuat regresi tapi just dilihat Korelasinya aza.

Dari diskusi itu kok tiba2 aku jadi pengen posting tentang Statistika(matematika juga boleh lah)...nah aku buat lagi lah postingan disini.

Tau kan kalo yang namane Statistika n Matematika itu berhubungan dengan rumus yang penulisanne ga seperti teks biasa. Bingunglah aku gimana buat equation di Blog. Cari sana cari sini...heheh cuma bisa pake subcribe (ex: rx ) dan supreme(ex: x2 ) ..lainnya masih belum bisa...ada ternyata yang bernama MathML (XML yg bisa make symbol Matematika)..tetep ga bisa di blogspot ternyata....

Setelah bertanya pada Sang BokuBaka, ya akhirnya solusinya adalah rumusnya dibawa ke image(pake *.png error mulu ternyata *.jpg aza). *makasih Bokubaka ntar aku kasih salammu ke temenku*

Tapi di hari kedua masih penasaran je...so firasatku menyatakan bahwa sepertine wordpress bisa deh make MathML, hmm...so aku mencoba tuk kesana lah. n masih in progress..

Kalo ada yang bisa bantu gimana make equation (red:MathML) di blogspot, ajarin aku ya? *wajah memelas mode on*

Ato ada yang bisa share tentang Make MathML di blog apapun it's ok.

Oya Aku mengundang kalian untuk berkunjung ke Tutorial Statistika, aku juga masih belajar tuk buat tutorial yang gampang diterima tapi padat berisi....*tertarik ma mind mapping neh*

Read more!  
posted by Kian at 10:54 AM | Permalink | 2 comments
Monday, May 21, 2007
wisata buku


Libur panjang selama 4 hari bener-bener liburan tuk hampir semua orang..mule dari yang kantor mpe yang masih TK..tapi maaf kalo ada yang ga libur. Heheheh kalo banyak yang mudik, touring, dan jalan-jalan, nah kalo aku liburan panjang ya di rumah aja. Jalan-jalan di setiap kalimat dan cerita...halah maksudnya baca buku-buku yang ada (ntah punya sendiri or hasil minjem dari temen)...heheh sekalian menikmati indahnya tanaman-tanaman hijau di depan rumahku..ini lengkapnya.


Tiada Cerita Seindah Al Qur-an

Buku ini bagus banget, karena isinya padet dan lumayan lengkap. Berisi tentang Pengetahuan Islam, Sejarah Alquran, Pengetahuan tentang Alquran. Model buku ini seperti RPUL. Sebenere buku ini cocok untuk remaja, karena bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari..serasa kita diajak ngobrol sama penulisnya Ummu Harits. Oya buku ini hasil hunting kemaren pas mudik dadakan itu loh. Hargane lupa yang pasti beli di Toga Mas Yogya di saat 15 menit menjelang keberangkatan kereta...Covernya bagus..judulnya bagus..ngebahas Al quran bow...itu jadi alasan kenapa bisa beli buku ini.

Secara Al Quran salah satu fungsinya adalah Aturan sebenar-benarnya aturan, ya..ini nyambung ma postingan Bicara aturan itu. Dan Apa itu alQuran pun dijelasin di buku ini..tentu dengan bahasa yang ringan. Dijamin langsung ngerti kok... juga memotivasi pembaca untuk belajar dan ngajar baca Alquran.




"Utsman bin Affan radliyallahu anhu berkata, Rasulullah SAW. bersabda: Sebaik-baik kamu ialah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarinya."



Berobat dengan Sedekah




Buku karangan Muhammad Albani terbitan Insan Kamil ini sebenere ga cuma mbahas sedekah aza. Diawal, kita akan disuguhkan indahnya sakit.


"Tidak ada yang menimpa seorang muslim dari kepenatan, sakit yang berkesinambungan, kebimbangan, kesedihan, penderitaan, kesusahan, sampai duri yang menusuk dirinya, kecuali dengan itu Allah menghapus dosa-dosanya." diriwayatkan oleh Bukhari.



Kemudian di buku ini dijelaskan tentang pengobatan illahiyah yaitu berobat dengan Shalat tahajud, shalat shubuh, Puasa, Sedekah. Penjelasan dari Hadist, dan juga secara sains dan juga pengalaman-pengalam nyata berkenaan dengan pengobatan2 tersebut.

Majalah-majalah

Majalah yang aq baca selama liburan..dibaca sambil lewat seh..ada Paras, ada majalah Otomotif. ada Anggun..itu minjemmm semuaaaaaa...di tempat Bulek kuh...

Lain-lain

Sibuk nonton film kartun di TV...heheh ada Avatar, ada Pokemon, ada banyak lah..yang pasti ga nonton acara gosip...capeeeeee...


Setu Cikaret lagi!!!

Ngajak ade2ku yang lagi libur ke Setu..biar bisa naek Perahu dan menikmati indahnya Setu..plus ngincer Mie Ayamnya yang enak...




Sayang Tukang mie ayamnya lagi liburan juga...dannnn reseeee...banyak bener yang lagi mojokkk...siallll bikin mata sakit aza...pemandangan indah setu jadi rusak..

Tapi apa mo dikata...anak2 dayung pada ga ada (lagi lomba di luar kota kayake). Perahu yang disewa lagi libur soale yang punya lagi pindah haluan jadi tukang ojek. Waduhhh...tapi untung ada rakit jadi bisa terobati walo cuma numpang naek ditempat...hehehhehe...

Labels:


Read more!  
posted by Kian at 8:53 AM | Permalink | 10 comments
Monday, May 14, 2007
Mudik Dadakan

Minggu ini Alhamdulillah adeku cuti selama 2 minggu untuk wisuda, dan berhubung dia langsung ke Klaten..dan berkas2nya ada di bogor…aku harus mengirim berkas plus laptopnya kesana..yo wiss lah..aku pulanggggg!!!!...pas emang lagi kangen banget….

Oke mo tahu perjalanan mudik dadakan gw yang Cuma dua hari kemaren berikut liputannya.



Pra Berangkat

Rencana berangkat ke Klaten hari jumat jam 20.25 naek Kereta Senja Utama Solo dari Pasar Senen. Nah biasanya kerjaan di kantor datengnya pasti sore, menjelang pulang. Tapi alhamdulillah pas jam 5 kerjaanku dah kelar. Dan jumat tanggal 11 Mei itu, Adz Dzikra(komunitas muslim kantorku) ngadain pengajian rutin atau bisa kita sebut SIROH (Sirama ROhani) dan sebenere aq termasuk salah satu panitianya (walo bagian administrasi). Tapi karena harus pulang yo wis lah aku mengalah..ikut sampe sholat magrib aza. Secara acara SIROH kali ini diisi oleh Ust. Sukeri Abdillah (makasih Teh Kosi atas infonya) materi Menjadi Ahli Manfaat (sayang aku nda bisa mendengarkan siramannya…hikss…)





*suasana SIROH V di kantorkuh*


dan juga ada acara makan nasi kebuli (makan bareng-bareng dalam 1 tempat).


Keberangkatan

Jam 18.30 aq berangkat dari kantor menuju pasar senen dengan bus P20..pssst…baru kali ini aku naik P20 sampai Pasar Senen loh…behhh…tasnya berat banget bo..untunglah Allah masih mencintai diriku…sampe Pasar Senen Cuma setengah jam..bisa liat tempat2 yang aku cari selama ini (red: Dep keu dan Depag….ada Bank Syariah Mandiri disana..)Sampe Stasiun Senen (yang pas ada di depan terminal Pasar Senen) jam 19.00…hmmm lumayan lama nunggu keretanye…kupikir bakalan sepi karena bukan libur panjang..ternyata lumayan rame loh…hmmm sambil nunggu aku ngapain ya…hmmm oiya..baca buku pinjeman dari temen tentang akidah (top..bagus…sarat informasi dan pengetahuan) lain postingan aku buat resensinya …InsyaAllah.

Perjalanan




Perjalanan di kereta aku ga mo certain ah..isine standar…tidur..tidur dan tidur..dan berharap segera ketemu tukang pijet tuk mijet badan gw yang pegel2 karena susah cari posisi enak buat tidur. Oiya..ada tips buat perjalanan kereta bisnis or ekonomi jarak jauh neh.

Tips barang bawaan perjalanan jarak jauh dengan kereta:
1. Tiket kereta (wajib)
2. Bawa Barang seperlunya aza (2 tas : 1 tas gendong dan 1 tas kecil buat aer minum dan makanan ringan)
3. Air minum 1 botol,
4. tissue basah , buat cuci muka besok paginya
5. makanan, secukupnya aza
6. Koyo cabe, gar pegelnya ga terlalu menyiksa
7. siapin duit Rp3000 buat nyewa bantal
8. kalo punya sleeping bag..bawa aza..uasli tidur dibawah lebih nyaman dibanding tidur dengan posisi duduk.
9. Koran buat alas sleeping bag gar ga kotor…

Tiba di Yogya



Rencananya mo turun di Klaten, tapi karena adeku (yang njemput neh) ada di Yogya.Akhirnya turun di yogya aza.dan kebayang hmmm sarapan Soto Tugu yang murah dan enak itu…hmmm…yummy…

Karena misunderstanding ma adeku yang menunggu di pintu keluar selatan, padahal aq keluar pas di pintu keluar bagian tiketing itu…(heheh ga sabar mo makan Soto neh) akhirnya janji bertemu langsung di Soto tugu…sepanjang jalan keluar…wuah..tukang ojek, tukang bejak, andong, taksi, semua menawarkan diri untuk nganter mpe rumah…risih seh..tapi cara nawarinnya itu halus..jadinya seneng2 aza..dan senyum..dan senam kepala (geleng-geleng terus maksude..)…beda banget ma di Jakarta..nawarinnya plus maksa…serasa ada preman yg mo malak....(itu kejadian tadi pagi pas nyampe di Jakarta)

Soto Tugu


Gw suka banget neh pemandangan dari Stasiun Tugu neh. Dari depan kita bisa liat kearah utara ada jalan Mangkubumi yang berujung Tugu Yogya, ke selatan ada Malioboro, yang saat itu (jam 6.30 dab!!) masih lengang, dan depan Statsiun hmm…bangunan kuno yang diubah jadi tempat bisnis (ada Popeye ada ..apa lagi ya..ga merhatiin) karena mata gw fokusnya Cuma ke SOTO TUGU…



behhh..dah lama gw g makan disini…dulu sering banget. Coba bayangin, dulu gw kos di Seturan..tapi minggu pagi sering ke Soto Tugu buat sarapan, atau beli nasi uduk di alun-alun selatan, bareng ma anak2 kos pastinya. Begitulah gw..kalo ada makanan enak..sejauh apapun itu…huntiiiingggg (jadi inget dulu ada angkringan murah nan uenakkkk sayang ada di perbatasan yogya-magelang...hehhe...jauh benerrrr!!!)…




*Makan di Soto Ayam Pak Gareng (red :Soto Tugu)*




Oiya..balik maning nang Soto tugu..sebenere soto tugu ini namane Soto Ayam Pak Gareng..tapi lebih terkenal dengan Soto Tugu karena tempatnya ada di depan pas Stasiun Tugu, jam buka dari jam 5.00 sampe abis (biasane jam 10 dah abis). Yang buat khas itu karena posisinya di pertigaan dan lesehan, sebenere terkesan berdebu..tapi karena mereka berjualan pagi jadi kendaraan yang lewat itu masih dikit..hmmm udara seger bisa mandang maliobor lagi. Juga ada gemblung (singkong yang diulek kasar trus digoreng gurih) dan sate rempelo ati (Soto model ini ada dibeberapa tempat laennya she missal di daerah Sagan).

Pasar Taman Pintar (dulu namane Pasar Shopping)


Jam 7.30 dah kelar makan soto, gw ga langsung ke Klaten, karena Mama nitip dibeliin baju bayi buat sodaraku yang baru aza melahirkan anaknya 3 bulan lalu. Pas banget..karena gw ada di daerah Malioboro deket ma Toko Wijaya (tempat jual perlengkapan bayi yang murah meriah di Yogya)…tapi kan belum buka jam segitu.



Yo wis..jalan-jalan dulu,

Malioboro…masih lengang, belum ada yg jualan souvenir.

Pasar Bering Harjo belum buka,

Benteng masih keren aza,


eee…ada tempat menarik neh..Taman Pintar..pasti banyak buku kali ya…dan ini jelas belum buka (ups ternyata bukan..kata adeku..isine kayak TK Cuma permainan didalemnya lebih mengarah ke pendidikan) ooo..tapi keren loh Taman Pintar…bagus..(sayang gw ga berhasil moto)..


akhirnya ke toko wijaya..ups sama sekali ga ada kehidupan, masih tertutup rapat.


Jalan beberapa meter…wuahhhh ini neh yang gw suka dari Yogya Kota Eksotis, Seni, Plus Teknologi…Sepanjang tembok di BeringHarjo itu full Karya seni (Grafiti…atao apa itu namane) keren boooo…..


gw berputar balik karena pengen moto Taman Pintar..dan tetep ga berhasil…eeehhh..mampirlah ke Pasar Buku…baru tahu gw ada pasar buku di sini..setahu gw dulu ada Shopping t4 jual buku murah..tapi sekarang dah pindah kesini kali ya…heheh ada beberapa yang dah buka…




*ini Pasar buku di belakang Taman Pintar Yogya*

asyiiikkk gw akhirnya huntinggg bukuuuuuuuuuu…..

karena lupa belum ambil duit..gw berhasil beli satu buku yang dah lama gw incer dengan harga murahhh…judul Khadijah The True Love Story of Muhammad karya Abdul Mun'im Muhammad terbitan Pena, harga awal 69rb didiskon jadi 46rb…hebat bener..disampul plastic pula…wuehhh lebih murah dari Toga Mas booo.. apalagi kalo dibanding ma Gramed...



hehehe..sory...isi dan kualitas sama tapi harga beda...ya milih yang murah dunk...btw ini bukan buku bajakan..tapi ntah kenapa bisa murah ya...denger2 seh katane mereka ga kena pajak2an gitu deh..so diskonnya dapet langsung dari penerbit dan ga dikurangin ma pajak...heheh harga buku disini juga diskonnya emang disesuain ama penerbitnya.

Setelah hunting buku..kita ke Wijaya (gw ga cerita ah,,…standar neh). Langsung ke kosan adeku n cabutt ke Klaten..yang pasti perjalanannya…asyik deh..pemandangannya seger, adem, oldiest + futuristic ketemu deh di Yogya sekarang.

Sampe Klaten, nyokap langsung ngajak jalan ke Banyu Mili (setelah buat mandi n tarik napas doang neh), tempat renang plus Pemancingan (apa mancing orang2 yang renang yak..halah)

Banyu Mili

Hiks..dah cape cerita neh …ini aku ngetik dari kantor, baru nyampe tadi pagi n langsung kerja,…jadi ngantuk tapi ga isa tidur..makane aku kasih foto2nya aza ya. Oia sekedar info, tempatnya ada di Ponggok, Klaten (deket ma janti). Masuk bayar 4rb rupiah dah bisa renang n hangout di pondok2nya(uasli enak bener neh tempat..gw langsung tidur disini..) ..boleh bawa makanan dari rumah..tapi bisa pesen ikan baker ma mereka (lumayan enak loh).



Labels: ,


Read more!  
posted by Kian at 7:24 AM | Permalink | 4 comments
Friday, May 4, 2007
Bicara aturan
Terinspirasi dari keadaan saat ini yang semrawut tentang negara ini, tentang aturan yang ada. dan ini adalah wacanaku pribadi, pandanganku pribadi gimana menyikapi suatu aturan.

Aturan hadir karena banyaknya objek yang akan berlaku berbeda dengan tujuan sama. Nah disini aturan berguna untuk menyatukan agar tujuan tercapai. dan Aturan hadir karena kita butuh diatur.ini pikiran gampang ku. Coba pikirkan deskripsi ini.

Misal aturan lampu lalu lintas

kita berada di saat lampu lalu lintas ga ada ato mati.
ada mobil di setiap arah perempatan, setiap sampai di perempatan pasti setiap pengumudi akan waspada, berjalan pelan, liat depan, kanan, kiri, beberapa detik kemudian baru melaju ke arah yang diinginkan dengan perlahan.
nah gimana kalo keadaan jalan rame dan pengemudi di setiap arah pasti akan berlaku sama dan pasti tak akan sabar..dan walhasil macet, kecelakaan mungkin saja akan terjadi.

Nah disini semua akan berpikir.."coba ada yang ngatur"...nah Lampu lalu lintas hadir untuk ini...jadi disini kita butuh lalu lintas agar tujuan tercapa yaitu jalan lancar, aman, dan sampai tujuan.

Ya..menyikapi suatu aturan adalah mengikutinya karena kita percaya bahwa kita butuh aturan. Jangan mengikuti karena kita takut salah atau takut dihukum karena melanggar. Masih inget iklan A mild yang mobil melanggar rambu karena ga ada polisi. Nah itu. kalo kita sadar aturan itu memang untuk kebaikan kita.Ada atau tidak ada yang mengawasi, kita akan tetap berlaku sesuai aturan. Gw yakin sebagian besar orang kalo ditantang malah akan berbuat sebaliknya, dilarang malah pengen mencoba. Nah beda halnya kalo kita sadar dan paham.

Masih inget dengan postinganku tentang kecil-kecil cabe rawit, segala sesuatu yang besar berawal dari yang kecil. Sama halnya dengan aturan, walopun itu sepele tapi dampaknya akan besar dan sialnya akan mengena ke kita lagi.

Ada dua masalah yang menggangu aku, dan mungkin juga kalian yaitu masalah korupsi dan menyontek. oke aku mo "sentil" dua hal itu. ...tunggu aza di postingan lain dan hari lain di alamat yang sama..

Labels:


Read more!  
posted by Kian at 9:28 AM | Permalink | 7 comments