Wednesday, April 11, 2007
Wanita karir atau Ibu Rumah Tangga?
Pernah ga sih ini terpikir di otak para wanita saat ini…suatu pilihan yang bisa dipilih salah satu, atau malah dua2nya?......gw bakal utarain fenomena yang gw liat selama ini…




Ibu rumah tangga

Tipe ini lumayan banyak gw liat disekitar gw. Ibu rumah tangga ini pun ada beberapa macam. Ibu rumah tangga yag doyan dirumah dan ibu rumah tangga yang doyan belanja. Tipe ini kayaknya berbanding lurus ma keadaan ekonomi keluarganya. Jelas dong, kan kalo belanja butuh duit..kalo doyan belanja berarti duitnya lumayan berlebih tapi ga berlaku sebaliknya. Jadi gampangnya ibu rumah tangga yang doyan di rumah itu umumnya ekonomi biasa2 aza trus yang ibu rumah tangga yang doyan belanja itu umumnya ekonomi berlebih.

Ibu rumah tangga fokusnya adalah dirumah mule dari ngurus rumah , ngurus anak, n ngurus suami. Selalu siap kalo ada kebutuhan dari setiap anggota keluarga. Untuk IRT yang doyan dirumah waktu senggangnya biasane dipake tuk kumpul ma tetangga entah diskusi or nggosiiip.nah untuk IRT yang doyan belanja, waktu senggangnya dipake tuk jalan keluar jalan-jalan tuk survey tempat belanja atau belanja beneran.

Wanita karir

Kalo wanita karir ini adalah seorang ibu dan juga pekerja tapi sepertiga waktunya dipake tuk pekerjaan. So fokusnya dipake tuk bekerja. Ntuk tipe ini kalo mo lancar keluarga and kerja cocok banget buat tipe yang bisa mendua maksudnya pada saat kerja dia fokus ma kerja n pas pulang kantor di fokus ma rumah…hebat neh tipe ini tapi biasanya tipe ini agak susah diatur ma suami..karena ngerasa punya porsi yang sama dalam ekonomi keluarga..jadi setelah gw liat-liat kok banyak yang ga harmonis ya di keluarganya..atau setidaknya ada aja yang kurang dalam keluarganya.

Untuk wanita pekerja, karyawan biasa yang gw liat seh keluarganya masih lumayan. Tapi untuk wanita yang sukses yang posisinya dah "diatas" dari 10 orang 2 diantaranya gagal dalam keluarganya..(ini sampel gw ambil acak dan ini bener-bener terbukti). untuk sisanya lumayan dan gw bilang mereka wanita hebat karena bisa menempatkan diri.
yah tetep dibutuhin sebuah penelitian lebih lanjut seh..

Pilihan gw

Kalo gw seh pingin jadi ibu rumah tangga aza.karena gw sadar gw ga bisa banget berpikir terbagi..heheh pengalaman waktu kuliah dulu….ga enak kuliah dobel. Dapet dobel she tapi dua-duanya ga maksimal..hehehehhe ternyata gw cewek biasa-biasa aza….

So makane gw milih tuk jadi ibu biasa aza…tapi waktu senggang yang ada jangan gw pake tuk gosippp…tapi gimana kalo diskusi tuk kemajuan rumah tangga, dipikir-pikir bisa buat 7 kelas(nyesuain hari);

1.tanaman hias

2.masakan

3.kerajinan tangan

4.keluarga

5.Olah raga

6.Pengajian

7.kesehatan

Wah jika itu terjadi bisa hebat tuh..para ibu yang hebat deh…jadi kayak kerja juga ya…jadi harus fokus..kan bisa aza jadi ibu yang profesional. Bisa jadi ntar kayak diMampang, Jakarta 1 rt jadi daerah hijau.

Nah hidup itu adalah pilihan. Semua pilihan ada resiko nya dan butuh konsekuensi. Jadi silahkan pilih...Setelah memilih..profesionallah, konsekuensi, ikhlas, dan semuanya harus di jalan Allah.
Semoga menjadi berkah untuk semua .

Labels:

 
posted by Kian at 9:42 AM | Permalink |


13 Comments:


At April 11, 2007 at 1:25 PM, Blogger Adi

wah sudah pengen jadi ibu rumah tangga ya mbak, tapi aku punya bayangan yg lebih ideal buat ibu rumah tangga yaitu ibu rumah tangga yang punya usaha sendiri :) Itu menurutku yang paling ideal sih :D Jadinya jadi ibu rumah tangga tidak selalu tidak bekerja dan bisa bekerja sekaligus dekat dengan anak dan lekuarga

 

At April 11, 2007 at 1:58 PM, Anonymous zam

yg penting, sang istri bisa menempatkan diri sesuai porsi, mengetahui tugas dan fungsinya, maka akan harmonis.. :D

ibu saya adalah ibu RT, kegiatan di rumha ya beberes rumah, etc.. :D

 

At April 11, 2007 at 8:00 PM, Blogger Moh Arif Widarto

Kian, kalau mau jadi ibu rumah tangga, nikah dulu. Gimana mau jadi ibu rumah tangga kalau belum nikah?

Lagipula, banyak kok yang bisa jadi work at home mom. Aku sendiri masih cari-cari cara supaya bisa jadi work at home dad.

 

At April 11, 2007 at 8:23 PM, Anonymous Fany

kalo aku.. ibu rumah tangga yg bekerja..
entah itu work at home atau freelance.. makanya emang dr skrg aku udah cari duit dari bukan kerja kantoran :D

 

At April 12, 2007 at 9:00 AM, Blogger Kian

@ adi: iya mo nya work at home..makane sekarang lagi merintis ki..
@ zam : pesen berapa porsi ki dab?
@ bang arif :...taraaa...haluu bang arif...mampir ke t4 kian juga. iya neh...doain aza ya segera neh Bang...
@fany : hmmm iya..pengennya seh emang work at home...heheh secara aq ini ga bisa diem..mungkin jadi penulis kayak dirimu oke juga ya..

 

At April 12, 2007 at 9:18 AM, Anonymous ari

ibu rumah tangga yang doyan di rumah itu umumnya ekonomi biasa2 aza trus yang ibu rumah tangga yang doyan belanja itu umumnya ekonomi berlebih
ibu yg suka belanja itu umumnya lebih bisa memanage uang, nyari barang yg harganya miring tp berkualitas, drpd yg di rumah ajah yg cmn tw telenovela ajah..

 

At April 12, 2007 at 9:40 AM, Blogger Kian

@ ari :
menurutku kata doyan di tulisanku itu bermakna ke addict..dah ketagihan belanja. kalo bisa manage..hmm bisa iya bisa tidak..

yang pasti ibu yang bijak memang harus bisa manage tapi tidak menjadikan belanja sebagai kesukaan atau hobby tapi lebih menjadikan sebagai kebutuhan maksudnya jika butuh baru belanja jika tidak..ya personal development or family development aza..

nah ibu yang dirumah itu memang ada banyak macam, dan memang kecenderungan emang doyan nonton..nah buat kita2 calon ibu..ya gimana carane gar bisa menjadi ibu profesional...masak jago, ngasuh anak jago, diajak diskusi tentang sosbudhankamnas plus IT oke..bisnis..nah ini juga oke..juga..membantu suami, mengembangkan diri, juga membantu lingkungan..mengurangi pengangguran maksudne..

*asyik kie...jadi diskusi..*

 

At April 12, 2007 at 10:35 AM, Blogger Munawir

saya setuju mba... istriku nanti jadi ibu rumah tangga aja... ga kerja kantoran... hehehehe

 

At April 12, 2007 at 12:38 PM, Anonymous ari

soal istri kerja/gak kan mslh kesepakatan n keputusan bersama pasangan, resikony y tanggung sndri2..

klpun hrs jd IRT, pngnny jd IRT yg tw mcm2, g cmn harga cabe keriting..
sosbudhankamnas?? kyk pelajaran pancasila..
IT?? kyknya harus niyh..

 

At April 12, 2007 at 12:51 PM, Anonymous dilLa

Aku masuk tipe yang mana ya? :D

Pengennya optimal di rumah, tapi juga bosen kalo di rumah mulu. Kerja dari rumah aja kali ya? Hihi..liat ntar deh :P

 

At April 12, 2007 at 9:59 PM, Anonymous aVank

tergantung kebutuhan
kalo suami ngerasa mampu
knapa gak jadi ibu rumah tangga aja

 

At April 14, 2007 at 12:20 AM, Blogger kholix

intine bojo seng iso di jak "mbokep"

 

At April 15, 2007 at 8:49 AM, Anonymous mysyam

Just be SMART Wife !
punya wawasan luas tanpa harus keluar rumah tanpa suami. Fokus ke rumah is a must. Masa' anak kita mo jadi anak pembantu? bebi sitter ? mau gitu..? hmm.. :)